Angkat Topi Buat Rm. Magnis


”WOW…!”

ITU kata pertama yang keluar dari mulutku ketika tahu Franz Magnis-Suseno menolak penghargaan Achmad Bakrie 2007 yang dialamatkan kepadanya. Rm. Magnis, seorang Pastor berkebangsaan Jerman yang dikenal sebagai kaum cendikiawan ini, dengan amat yakin menolak penghargaan dengan kategori pemikir sosial. Alasannya karena ia mau solider dengan korban lumpur Lapindo di Sidoarjo.

Saham Lapindo memang dimiliki sebagian oleh keluarga besar Abdurizal Bakrie. Dan seperti yang kita ketahui, Lapindo Brantas Inc. tidak menyatakan sikap tegasnya dalam memperlakukan para korban. Pemerintah pun sama memblenya. Bukannya memikirkan bagaimana menolong manusianya dulu, mereka malah sibuk berhipotesa tentang penyebab semburan lumpur tersebut. Mereka dungu menentukan sikap karena ingin tahu laporan penyelidikan, semburan tersebut beneran bencana atau kelalaian Lapindo. Kalau bencana murni, mereka baru gulung lengan kemeja untuk membantu. Ironis!

Mengapa wow!? Pasalnya, penghargaan yang akan diterima Romo yang merupakan Guru Besar di STF Driyarkara sebesar 150 juta! Bisa kubayangkan bagaimana aku harus menolak penghargaan sebesar itu. Tapi itulah Rm. Magnis. Ia menjadi jujur dengan menjawab panggilannya sebagai kaum intelektual yang merdeka, yang dimiliki masyarakat, bukan kaum yang dimiliki tangan kotor industrialisme.

Begini kalimatnya, ”Saya merasa terhormat diberi tahu akan menerima penghargaan Achmad Bakrie 2007. Penanganan koban semburan lumpur juga tanggungjawab berbagai pihak. Tetapi, saya melihat Lapindo Brantas belum bertindak jelas sehingga saya harus menolak penghargaan itu”.

Walau begitu, panitia penghargaan tetap menampang nama dan foto Franz Magnis-Suseno dalam acara yang bakal diselenggarakan di sebuah hotel di Jakarta itu.

Opa Magnis, aku angkat topi!

Satu pemikiran pada “Angkat Topi Buat Rm. Magnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s